Nama : Khairunnissa
NPM : 1A113745
Kelas : 4KA28
Pertanyaan :
- Jelaskan menurut pendapat masing-masing faktor-faktor yang mempengaruhi layan telematika dapat dengan mudah diakses?
- Bagaimana peranan layanan telematika dalam berbagai bidang? Berikan contoh layanan telematika dalam bidang pendidikan?
- Hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk mengurangi dampak negatif dari telematika? Jelaskan!
- Apa fungsi dari telematika? Jelaskan !
Jawab :
1. Faktor-faktor yang mempengaruhi layanan telematika dapat dengan mudah diakses
a) Jaringan internet Wireless gratis
Jaringan internet wireless yang mudah di akses, seperti di kampus, seven eleven, indomart, alfamart yang disediakan gratis kepada para mahasiswa/pembeli, membuat mereka dengan mudah dapat terkoneksi ke internet dan bisa menikmati berbagai layanan yang ada di internet.
b) Packet internet murah
Dengan adanya packet internet murah yang disediakan provider, akan semakin banyak user yang membeli packet tersebut. Dan mereka dengan mudah bisa menikmati layanan yang ada di internet.
c) Media sosial
Media sosial merupakan salah satu yang paling banyak digunakan oleh user, karena sangat simpel untuk digunakan dan mempunyai daya tarik tersendiri sehingga banyak user yang menggunakan media sosial tersebut untuk berkomunikasi satu sama lain.
2. Peranan layanan telematika dalam berbagai bidang :
Dengan berkembangnya teknologi, khususnya di bidang
teknologi informasi peranan telematika sangat dibutuhkan karena teknologi
modern menyediakan layanan dan sumber informasi yang mudah diakses.
Telematika sekarang sudah sangat jauh berkembang dan
mengakselerasi perkembangan di zaman informasi. Peranannya sudah menyentuh
berbagai bidang dalam kehidupan, salah satu contohnya dalam bidang pendidikan.
Pada bidang pendidikan, peran telematika sangat membantu terutama dalam
kegiatan belajar mengajar.
Peranan telematika di bidang pendidikan, salah satunya
dengan adanya studentsite di Universitas Gunadarma. Dengan adanya layanan ini
setiap mahasiswa dapat dengan mudah mengakses setiap layanan yang ada di
studentsite tersebut, misalnya melihat IPK, mengumpulkan tugas, melihat jadwal
kuliah, UAS, UTS, dan masih banyak layanan yang bisa diakses.
a. Perpustakaan Elektronik
Perpustakaan yang biasanya arsip-arsip buku dengan di Bantu
dengan teknologi informasi dan internet dapat dengan mudah mengubah konsep
perpustakaan yang pasif menjadi agresif dalam berinteraksi dengan penggunanya.
Homepage dari The Library of Congress merupakan salah satu perpustakaan yang
terbesar di dunia. Saat ini sebagian informasi yang ada di perpustakaan itu dapat
di akses melalui internet.
b. Ensiklopedia
Sebagian perusahaan yang menjajakan ensiklopedia saat ini
telah mulai bereksperimen menggunakan CD ROM untuk menampung ensiklopedia
sehingga diharapkan ensiklopedia di masa mendatang tidak hanya berisi tulisan
dan gambar saja, tapi juga video, audio, tulisan dan gambar, dan bahkan
gerakan. Dan data informasi yang terkandung dalam ensklopedia juga telah mulai
tersedia di internet. Sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan maka data dan
informasi yang terkandung dalam ensiklopedi elektronik dapat diperbaharui.
c. Sistem Distribusi Bahan Secara Elektronis (Digital)
Dengan adanya sistem ini maka keterlambatan serta kekurangan
bahan belajar bagi warga belajar yang tinggal di daerah terpencil dapat
teratasi. Bagi para guru SD yang mengikuti penyetaraan D2, sarana untuk
mengakses program ini tdk menjadi masalah karena mereka dapat menggunakan
fasilitas yang dimiliki kantor pos yang menyediakan jasa internet.
d. Tele-edukasi dan Latihan Jarak Jauh dalam Cyber System
Pendidikan dan pelatihan jarak jauh diperlukan untuk
memudahkan akses serta pertukaran data, pengalaman dan sumber daya dalam rangka
peningkatan mutu dan keterampilan professional dari SDM di Indonesia. Pada
gilirannya jaringan ini diharapkan dapat menjangkau serta dapat memobilisasikan
potensi masyarakat yang lain, termasuk dalam usaha, dalam rangka pembangunan
serta kelangsungan kehidupan ekonomi di Indonesia, baik yang bersifat
pendidikan formal maupun nonformal dalam suatu “cyber system”.
e. Video Teleconference
Keberadaan teknologi ini memungkinkan siswa atau mahasiswa
dari seluruh dunia untuk dapat berkenalan, saling mengenal bangsa di dunia.
Teknologi ini dapat digunakan sebagai sarana diskusi, simulasi dan dapat
digunakan untuk bermain peran pada kegiatan pembelajaran yang berfungsi
menumbuhkan kepercayaan diri dan kerjasama yang bersifat sosial.
3. Hal-hal yang harus dilakukan untuk mengurangi dampak negatif dari telematika & Penjelasannya :
- Tindakan kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan media internet. Contohnya, tindakan yang disebut carding adalah cyber crime dengan cara mencuri data kartu kredit dari nasabah suatu bank, sehingga si pelaku carding (carder) dapat menggunakan data tersebut untuk keuntungan pribadi.
- Penyebaran virus atau malicious ware fraud atau penipuan yang menggunakan electronic mail sebagai alat penyebaran informasi bagi si penipu.
- Kejahatan telematika merugikan individu, misalnya lima orang hacker (penyusup) yang berada di Moskow telah mencuri sekitar 5400 data kartu kredit milik orang Rusia dan orang asing yang didapat dengan menyusup pada system computer beberapa internet retailer.
- Kejahatan telematika merugikan perusahaan atau organisasi, pada tahun 1995 Julio Cesar Ardita seorang mahasiswa dari Argentina berhasil menyusup dan mengganti (cracking) data system yang ada di fakultas Arts and Science Universitas Harvard.
4. Fungsi dari telematika dan penjelasannya :
Selaras dengan pengertian telematika sebagai sarana
komunikasi jarak jauh, maka fungsi dari telematika antara lain :
a) Penyampai Informasi
Telematika digunakan sebagai penyampai informasi agar orang
yang melakukan komunikasi menjadi lebih berpengetahuan dari sebelumnya.
Bertambahnya pengetahuan manusia akan meningkatkan keterampilan hidup, menambah
kecerdasan, meningkatkan kesadaran dan wawasan.
b) Sarana Kontak Sosial Hidup Bermasyarakat
Interaksi sosial menimbulkan kebersamaan, keakraban, dan
kesatuan yang akan melahirkan kerjasama tersebut, walaupun mereka tersebar
dimana-mana. Telematika menjembatani proses interaksi sosial dan kerjasama
sehingga menghasilkan jasa yang memiliki nilai tambah dibanding hasil perseorangan.
0 komentar :
Posting Komentar